Raja Charles III Telah Didiagnosis Mengidap Kanker

Internasional

INGGRIS, Actadiurma.id – Raja Charles III dari Inggris telah didiagnosis menderita kanker dan telah memulai pengobatan, kata Istana Buckingham, Senin. Kurang dari 18 bulan setelah masa pemerintahannya, raja berusia 75 tahun itu akan menangguhkan kegiatan publiknya tetapi akan melanjutkan urusan negaranya, dan tidak akan menyerahkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara.

Istana tidak mengungkapkan jenis kanker apa yang diderita raja, namun mengatakan penyakit itu tidak ada hubungannya dengan pengobatan yang baru-baru ini ia lakukan terhadap penyakit prostat jinaknya.

Istana mengatakan ada masalah terpisah yang menjadi perhatian selama perawatan Charles untuk pembesaran prostat bulan lalu, ketika dia menghabiskan tiga malam di rumah sakit London.

“Tes diagnostik telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik,” kata pihak istana. “Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi seperti biasa.”

Raja dirawat sebagai pasien rawat jalan, kata pihak istana. Dikatakan bahwa Charles, yang secara umum menikmati kesehatan yang baik, tetap sepenuhnya positif tentang perawatannya dan berharap untuk kembali menjalankan tugas publik sesegera mungkin.

Istana menambahkan bahwa raja telah memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker.