Tiongkok Meluncurkan Roket Jielong-3 Unutk Misi Komersial

Internasional

BEIJING, Actadiurma.id – Sebuah roket Tiongkok yang kecil namun kuat dan mampu mengirimkan muatan dengan biaya yang kompetitif mengantarkan sembilan satelit ke orbit pada Sabtu (3 Februari), media pemerintah Tiongkok melaporkan, dalam tahun yang bersiap menjadi tahun sibuk bagi peluncuran komersial Tiongkok.

Jielong-3, atau Smart Dragon-3, diluncurkan dari kapal tongkang terapung di lepas pantai Yangjiang di provinsi Guangdong selatan. Ini adalah peluncuran roket ketiga, yang dikembangkan oleh China Rocket, cabang komersial dari produsen kendaraan peluncuran milik negara, sejak Desember 2022.

Presiden Xi Jinping menyerukan perluasan industri strategis termasuk sektor ruang angkasa komersial, yang dianggap penting dalam membangun konstelasi satelit untuk komunikasi, penginderaan jarak jauh, dan navigasi.

Juga pada hari Sabtu, produsen mobil Tiongkok Geely Holding Group meluncurkan 11 satelit untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menyediakan navigasi yang lebih akurat untuk kendaraan otonom.