Pendarat di Bulan Jepang Mengambil foto Suasana Malam Bulan

Hiburan & Teknologi

NASA, Actdaiurma.id – Pendarat SLIM telah tidak aktif lagi dan mungkin tidak dapat bertahan di malam bulan selama dua minggu

Melawan segala rintangan, pendarat SLIM Jepang berhasil hidup kembali lebih dari seminggu setelah jatuh terbalik ke permukaan bulan – tapi sekarang, ia tidak aktif selama malam bulan, dan mungkin tidak dapat naik lagi.

Tim SLIM dari badan antariksa Jepang, JAXA, pada hari Kamis membagikan gambar terakhir yang diambil oleh pendarat di kawah Shioli bulan sebelum senja, saat malam menjelang. Malam bulan berlangsung setara dengan dua minggu Bumi dan suhunya bisa lebih dingin dari -200 derajat Fahrenheit.

Tim telah mengkonfirmasi bahwa pendarat bertenaga surya berada dalam keadaan tidak aktif yang akan berlangsung setidaknya sepanjang malam bulan. Peluangnya untuk kembali beroperasi setelahnya tidak besar, tapi sekali lagi, hal ini sudah mengejutkan kami sekali.

“Meskipun SLIM tidak dirancang untuk kondisi malam bulan yang keras, kami berencana untuk mencoba mengoperasikannya lagi mulai pertengahan Februari, saat Matahari kembali menyinari sel surya SLIM,” tulis tim di X. Jika ini benar-benar foto terakhir SLIM, itu pasti sesuatu yang menyeramkan.