Ahok Mundur dari Pertamina untuk Ikut Kampanye Pilpres Ganjar Mahfud

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Basuki Tjahaja Purnama, yang akrab disapa Ahok, membenarkan pengunduran dirinya dari jabatan komisaris utama perusahaan minyak milik negara, Pertamina, pada hari Jumat. Keputusan itu demi memenuhi komitmennya bergabung dalam tim sukses calon presiden Ganjar Pranowo.

Ahok membagikan fotonya di platform media sosial X sambil memegang dokumen bukti pengunduran dirinya.

“Postingan ini menunjukkan tanda terima surat pengunduran diri saya sebagai Komisaris Utama Pertamina yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024. Saya menyatakan dukungan dan niat saya untuk bergabung dalam tim kampanye calon presiden Ganjar Pranowo dan [cawapres] Mahfud MD. ,” dia menulis.

Dia mengatakan postingan tersebut dimaksudkan untuk memperjelas “posisi politiknya” dalam persiapan pemilu 14 Februari mendatang.

Ahok menjabat sebagai gubernur Jakarta mulai tahun 2014, menggantikan Joko “Jokowi” Widodo, yang terpilih sebagai presiden. Namun, ia dikalahkan dalam upayanya untuk terpilih kembali pada tahun 2017 melawan Anies Baswedan menyusul demonstrasi puluhan ribu umat Islam yang menuntut pengunduran dirinya.

Anies saat ini menjadi salah satu kandidat pada Pilpres yang diikuti oleh tiga orang, bersaing dengan Ganjar dan Prabowo Subianto.

Setelah kekalahannya dalam pemilu, Ahok divonis bersalah atas penodaan agama dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Setelah dibebaskan, Jokowi mengangkatnya menjadi komisaris utama Pertamina.