Pemprov Babel Hentikan Pengisian BBM Subsidi Bagi Kendaraan Mati Pajak

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung Resmi memberlakukan penghentian  pengisian BBM subsidi jenis solar di Bangka Belitung. Hal itu diberlakukan bagi  kendaraan yang sudah nunggak atau mati Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di wilayah Bangka Belitung (Babel)

Penjabat Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali  mengatakan, program ini sangat penting, dan Babel mendapatkan juara satu dalam pengendalian BBM bersubsidi solar, sehingga program ini diharapkan mampu mengelola pasokan BBM di Babel

“Kita punya kira-kira 13.400 kendaraan yang berhak memperoleh BBM bersubsidi, tetapi belum semua dari jumlah itu memenuhi kewajibannya membayar pajak. Jadi ini dikendalikan anda dilayani semaksimal mungkin tolong tunaikan kewajibannya membayar pajak.  Berdasarkan data 30-40 persen kendaraan menunggak pajak sekurangnya 3-5 tahun,” kata Safrizal.

Pemberlakuan ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terkait Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu/Solar Subsidi di Wilayah Bangka Belitung.

Sementara itu Manager Retail Sales Pertamina Regional Sumbagsel, Awan Raharjo mengatakan,
Pertamina Regional Sumbagsel mengapresiasi langkah dilakukan Pemerintah Provinsi Babel terkait pengawas atau pengendalian energi BBM di Babel.

Menurut dia, Babel dikenal sebagai provinsi inovatif dalam bilang pengendalian dan pengawasan BBM bersubsidi.

Lanjut dia, Pertamina sejak 2023 telah meluncurkan My Pertamina QR Code, program ini merupakan penugasan dari pemerintah terkait penyaluran BBM bersubsidi bio solar dan pertalite, diwajibkan harus menggunakan QR code. Hal itu agar anggaran subsidi betul-betul bisa ditelurusi sampai penggunaan akhir.

“QR code itu tercatat kendaraan dan jenisnya yang memakai BBM tercatat dalam database Pertamina itu, ini harus mendapatkan pengembangan di Babel dan itu telah dilaunching hari ini,” Ujarnya

Pemblokiran ini agar mencegah kendaraan yang mati pajak tidak layak jalan difungsikan lagi untuk mendapatkan BBM bersubsidi, hal ini disebut dapat menggangu pasokan BBM subsidi di Babel.