ABK KM Laila Terjatuh di Perairan Maspari

Lokal

Alif Indra hayadi

BANGKA SELATAN, Actadiurma.id – Seorang anak buah kapal (ABK) KM Laila Edi (35) Nelayan asal Sukadamai Toboali terjatuh di perairan laut Pulau Maspari, OKI Sumatera Selatan saat menjaring ikan, Selasa (29/01/2024).

KM Laila berangkat melaut dari Toboali, Bangka selatan, menuju Fishing Ground di perairan Pulau Maspari pada 29 Januari 2024.

Menurut keterangan rekan korban, Sebelumnya korban berada di sisi kapal, namun Pada 31 Januari 2024 sekitar pukul 10.00 WIB korban tidak terlihat lagi dan diduga terjatuh.

Setelah menyadari korban tidak ada lagi di Kapal, Rekan korban berusaha melakukan pencarian dengan menyusuri kembali ke arah rute pergerakan kapal sebelumnya, namun korban tidak ditemukan.

Rekan korban bersama ABK Kapal lainnnya kembali ke Pelabuhan Sukadamai Toboali dan melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik kapal.

Mendapatkan informasi kejadian, Pemilik kapal meneruskan informasi tersebut ke Kantor SAR Pangkalpinang untuk meminta bantuan.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengungkapkan pihaknya merespon cepat laporan yang diterima terkait kejadian yang menimpa 1 orang ABK tersebut.

“Kantor SAR Pangkalpinang langsung memberangkatkan 1 Tim Rescue dari Unit Siaga SAR Toboali dan didukung oleh Rescuer dari Kantor SAR Pangkalpinang. Tim bergerak menuju Last Known Position (LKP) dengan titik duga pada koordinat 03°12’41.91″ S 106°14’10.75″ E disekitar perairan Pulau Maspari,” Jelasnya, Kamis (01/02/2023).

Pencarian terhadap ABK naas tersebut kata dia, dibantu oleh Polairud Polres Bangka Selatan, ABK Kapal dan Pemilik Kapal.