AS dan Indonesia Resmikan Pusat Pelatihan Maritim “Anambas” di Batam

Nasional

BATAM, Actadiurma.id – Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Michael F. Kleine bersama Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M .Tr.Opsla., meresmikan Pusat Pelatihan Maritim “Anambas” di Batam.

“Hari ini menandai tonggak penting dalam kerja sama maritim antara Amerika Serikat dan Indonesia. “Dalam empat tahun sejak peletakan batu pertama, pusat pelatihan baru ini akan meningkatkan kemampuan maritim Indonesia dan memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin dalam memerangi kejahatan di tingkat domestik dan transnasional,” kata KUAI Kleine, Selasa, 30 Januari 2024.

Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla. menyampaikan bahwa dalam lautan persahabatan antara Amerika Serikat dan Indonesia, Pusat Pelatihan Maritim “Anambas” di Batam merupakan sebuah tonggak sejarah.

“Bersama-sama, kita tidak hanya akan melakukan pelatihan bagi para pelaut, tetapi juga memperkuat hubungan antar negara dan mempererat hubungan yang mendorong kemajuan dan keamanan maritim untuk masa depan yang aman dan sejahtera,” ujarnya.

Dibiayai oleh Biro Narkotika Internasional dan Penegakan Hukum (INL) Departemen Luar Negeri AS, pembangunan Pusat Pelatihan Maritim senilai $1,5 juta menandai selesainya tahap kedua kolaborasi di Batam. Pusat pelatihan komprehensif ini mencakup enam ruang kelas, ruang konferensi, dan kantor.