Pemerintah Berhemat MotoGP Argentina Terancam Batal Digelar

Sport

MOTOGP, Actadiurma.id – Kebijakan pemotongan anggaran yang diberlakukan oleh Javier Milei, Presiden Argentina, membuat balapan MotoGP nyaris mustahil diselenggarakan pada pekan pertama bulan April di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Dengan hanya 1,5 bulan lagi sebelum kejuaraan dimulai di Qatar pada 10 Maret, Motorsport.com memahami bahwa pemberhentian ketiga dalam kalender, yang dijadwalkan pada akhir pekan tanggal 5, 6, dan 7 April di Argentina, berada dalam bahaya besar.

Sejak awal masa kepresidenannya pada 10 Desember lalu, pria 53 tahun, telah menerapkan kebijakan pemangkasan biaya di semua bidang. Dengan kementerian pemerintah dikurangi separuhnya dari 18 menjadi sembilan.

Dalam kerangka program pemotongan anggaran ini, penyertaan biaya langsung MotoGP Argentina secara praktis tidak dapat dibenarkan, mengingat bahwa acara ini menerima sejumlah besar uang dari negara dengan pemerintah Provinsi Santiago del Estero dan promotor swasta, untuk pementasan balapan.

Pada 19 Januari, diumumkan bahwa kejuaraan dunia motorcross perdana, yang diadakan di sirkuit Neuquén di bagian selatan negara itu, akan dibatalkan. Namun, dalam beberapa jam terakhir, telah dikonfirmasi bahwa kunjungan MXGP ke Argentina, yang dijadwalkan pada 9 dan 10 Maret, masih tetap berlangsung “berkat kerja sama semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.”