Lakatambang di Jebus Kembali Telan Korban, Kikin Tewas Usai Terimbun Tanah

Lokal

Fierly Aditya

JEBUS, Actadiurma.id — Lahan tambang pasir timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menelan korban jiwa. Kali ini, terjadi di Dusun Tambang Enam, Desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat (Babar).

Adalah Sodikin alias Kikin, salah seorang pekerja di lokasi tambang tersebut tewas setelah mengalami kecelakaan kerja pada Minggu (28/1/2024) siang. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, korban kecelakaan tambang itu berjumlah dua orang.

Kabarnya, korban lainnya bernama Bai. Namun Bai dalam keadaan selamat dan telah diberikan perawatan secara intensif di Puskesmas Jebus. Kejadian ini turut dibenarkan salah seorang warga setempat bernama Udin, ketika dikonfirmasi wartawan.

“Iya bang benar, ada salah satu dari dua orang yang bekerja di lokasi tambang di Dusun Tambang Enam, Desa Mislak meninggal dunia. Kalau tidak salah, namanya Kikin, kawannya Bai dirawat di Puskesmas Jebus,” ujar Udin, Minggu (28/1/2024) malam.

Pemuda berusia 29 tahun itu mengaku belum mengetahui secara detail kronologi kejadian tersebut. Sejauh ini, ia hanya mengetahui terkait insiden itu dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan tambang tersebut berada di Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

“Katanya di atas IUP PT Timah itu bang tetapi bisa langsung konfirmasi ke perusahaan terkait kebenarannya. Kalau selebihnya saya tidak tahu jam berapa dan bagaimana kronologi kejadian itu. Saya cuma tahu ada orang kecelakaan saja di sana dan nama-namanya,” jelasnya.