Indonesia dan Venezuela Jalin Kerjasama di Bidang Migas

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Indonesia dan Venezuela sepakat menjalin kerja sama di bidang minyak dan gas. Kesepakatan ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Arifin Tasrif dan Menteri Perminyakan Venezuela Pedo Rafael Tellechea.

“Indonesia ingin meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dengan Venezuela, yang juga dapat meningkatkan Kerjasama Selatan-Selatan. Energi mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian.

Oleh karena itu, kami mencatat kedua negara dapat berbagi peluang bisnis yang memungkinkan di bidang energi, khususnya di sektor migas,” kata Arifin di Caracas, Venezuela, dikutip dari siaran pers, Senin 29 Januari 2024.

MoU kedua negara antara lain mencakup kerja sama bisnis hulu migas kedua negara, implementasi peningkatan perolehan peningkatan perolehan minyak, pengembangan dan penerapan teknologi serta praktik terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan di sektor energi, penyimpanan dan penangkapan karbon serta pengurangan gas suar bakar, serta bidang-bidang usaha yang disepakati oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan/atau swasta para pihak tanpa mengurangi atau melakukan penyesuaian terhadap kontrak atau perjanjian yang ada.