Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Tunggu Hasil Piala Asia AFC U-23

Sport

PSSI, Actadiurma.id – Perpanjangan kontrak pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong akan diputuskan setelah berakhirnya Piala Asia AFC U-23, yang ditetapkan pada 15 April hingga 3 Mei, menurut Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Keputusan tersebut bergantung pada performa tim baik di kategori senior maupun U-23 di Piala Asia tahun ini.

Di level senior, pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong berhasil meraih prestasi bersejarah bagi Indonesia dengan mencapai babak 16 besar untuk pertama kalinya. Tim kini bersiap menghadapi Stadion Jassim bin Hamad Australia pada hari Minggu di Doha, Qatar.

Target kita ada dua, timnas senior bisa lolos ke babak 16 besar, dan tim U-23. Jadi, ada tugas tambahan, dan kita bersama-sama menjaga profesionalisme, kata Presiden PSSI Erick Thohir saat ditemui. wawancara di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat.

Erick yakin tim Garuda mampu bersaing dengan Socceroos, mengingat pemain naturalisasi Indonesia yang berlaga di Eropa seperti Elkan Baggot, Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

Selain itu, Erick menilai level permainan Australia masih di bawah Jepang yang saat ini menjadi tim terkuat Asia di peringkat 17 dunia. Indonesia menghadapi kekalahan 3-1 melawan Jepang di pertandingan terakhir penyisihan grup. Meski kalah, Garuda yang berada di peringkat 146 tetap menunjukkan performa terpuji dan memberikan perlawanan yang kuat.

“Saya rasa Australia bukan tim yang bisa dianggap remeh meski peringkatnya lebih rendah. Namun gaya bermain mereka berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan. Kami punya banyak pemain yang berlaga di Inggris dan Belanda sehingga pertandingan bisa lebih berimbang. ,” kata Erick yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara itu.

Melihat hasil dua pertemuan sebelumnya dengan Australia, Erick optimistis Indonesia bisa meraih hasil lebih baik pada laga mendatang.

“Melihat sejarah kita bersama Australia pada tahun 2009-2010, kita pernah bermain imbang 0-0 pada tahun 2009 dan kalah tipis 0-1 pada tahun 2010. Dengan membaiknya permainan Merah Putih, saya yakin kita bisa meraih hasil yang lebih baik kali ini, ” dia berkata.

Ia mendorong seluruh pemain peserta pertandingan babak 16 besar Piala Asia AFC melawan Australia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, karena Indonesia berpeluang melaju ke babak perempat final.