Keseriusan Facebook dan Instagram Membatasi Remaja Usia Dibawah 18 Tahun

Hiburan & Teknologi

IG, Actadiurma.id – Pada tahun 2021, Meta membatasi orang dewasa di Instagram untuk dapat mengirim pesan kepada pengguna di bawah 18 tahun yang tidak mengikuti mereka.

“Kami ingin remaja mendapatkan pengalaman yang aman dan sesuai usia di aplikasi kami,” kata Meta dalam pengumumannya. Awal bulan ini, Meta mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyembunyikan konten yang berkaitan dengan tindakan menyakiti diri sendiri, kekerasan grafis, gangguan makan, dan topik berbahaya lainnya dari remaja di Instagram dan Facebook.

Jika pengguna berusia di bawah 16 tahun, mereka tidak akan melihat postingan dengan topik tersebut di Umpan dan Stories mereka meskipun postingan tersebut dibagikan oleh akun yang mereka ikuti.

Baru-baru ini juga diluncurkan fitur kesadaran yang akan mengirimkan “dorongan malam hari” kepada remaja di bawah 18 tahun untuk menutup aplikasi dan pergi tidur jika mereka telah menggulir selama lebih dari 10 menit.

Tentu saja, pengaturannya harus bergantung pada usia pengguna yang dinyatakan dan teknologi Meta yang dirancang untuk memprediksi usia seseorang, jadi ini tidak 100 persen mudah. Meta melakukan perubahan ini setelah terkena tuntutan hukum dan keluhan terkait cara Meta melindungi basis pengguna yang lebih muda.