Pria Ditangkap Setelah Aksinya Membakar Masjid di Jakarta

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Polisi pada Kamis menangkap seorang pria yang diduga mencoba membakar sebuah masjid di Tanjung Priok, Jakarta Utara, berdasarkan informasi warga yang telah meninjau rekaman kamera keamanan.

Masjid Jami Al Falah di Jalan Sunter Kemayoran dibakar pada Rabu malam, dan seorang pria tertangkap kamera menuangkan cairan ke karpet masjid dan membakarnya.

Setelah memeriksa rekaman kamera keamanan di dalam gedung, pengurus masjid dan warga mengidentifikasi seorang pria berusia 21 tahun yang tinggal di rumah kos terdekat bersama ibunya yang buta.

Pria tersebut sangat mirip dengan pelaku pembakaran dalam video tersebut, mengenakan topi dan sandal yang sama seperti yang terlihat dalam rekaman tersebut.

Polisi dipanggil, dan situasi menjadi tegang karena warga yang marah hampir melakukan tindakan kekerasan sementara tersangka, yang diidentifikasi sebagai SMY, digiring keluar rumah.

Warga melaporkan bahwa kebakaran hari Rabu ini menandai percobaan pembakaran ketiga di masjid tersebut dalam dua bulan terakhir.

Tersangka, yang baru dua bulan tinggal di lingkungan tersebut, akan menjalani pemeriksaan kejiwaan untuk mengetahui kebugaran mentalnya untuk bertanggung jawab secara hukum, menurut Kapolsek Tanjung Priok Nazirwan.

“Dari penilaian awal kami, sepertinya dia mampu secara mental menjelaskan secara detail kronologi perbuatannya,” kata petugas tersebut. “Kami masih menyelidiki apakah dia adalah orang yang sama yang melakukan dua serangan pembakaran masjid sebelumnya.”