Rusia Mengatakan Telah Merebut Desa Kecil di Ukraina Timur

Internasional

MOSKOW, Actadiurma.id – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah merebut sebuah desa kecil di timur Ukraina, ketika kedua belah pihak berjuang untuk mencapai kemajuan signifikan di medan perang setelah dua tahun pertempuran.

“Di arah Donetsk, sebagai hasil dari keberhasilan tindakan unit pasukan Grup Selatan, pemukiman Vesele di Republik Rakyat Donetsk telah dibebaskan,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Desa Vesele terletak 20 kilometer (12 mil) timur laut Bakhmut, kota industri yang rata dengan tanah akibat penembakan artileri dan pertempuran perkotaan selama berbulan-bulan pada awal konflik.

Vesele memiliki populasi sebelum konflik sekitar 100 orang.

Moskow mengklaim telah mencaplok wilayah Donetsk timur Ukraina – yang disebutnya “Republik Rakyat Donetsk” – pada tahun 2022, meskipun tidak memiliki kendali penuh atas wilayah tersebut.

Jutaan warga Ukraina meninggalkan wilayah timur dan selatan negara itu setelah Rusia melancarkan serangan militer skala penuh pada Februari 2022.

Tidak ada pihak yang memperoleh keuntungan teritorial yang signifikan selama lebih dari setahun karena konflik tersebut menemui jalan buntu.