Namanya Terus Disebut Gibran di Debat Cawapres, Siapa Tom Lembong

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Nama Tom Lembong setidaknya disebutkan dua kali oleh calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres hari ini, Minggu (21/1/2024). Tom Lembong disebut Gibran dalam posisinya sebagai Co-Captain Timnas AMIN, atau tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,

Gibran menyebut Tom Lembong sering membicarakan Lithium Ferro-Phosphate (LFP) dan menyebut Tesla tidak menggunakan nikel. “Yang sering ngomong Lithium Ferro-Phosphate (LFP) itu timsesnya tapi Cawapresnya [Cak Imin] ga paham, Tesla ga pakai nikel ini kan rekaman publik, mohon maaf Tesla itu pakai nikel pak,” kata Gibran saat debat cawapres di Jakarta, Minggu ( 21/1/2024).

Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong merupakan mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM pada periode pertama Presiden Joko Widodo.

Ia menjabat sebagai Kepala BKPM pada tahun 2016—2019. Sebelum menjadi Kepala BKPM, Tom Lembong adalah Menteri Perdagangan Indonesia. Tom Diangkat menjadi Menteri Perdagangan pada 2015—2016, menggantikan posisi Rachmad Gobel.

Tom Lembong disebut-sebut menjadi orang di balik layar yang menulis beberapa pidato Presiden Jokowi yang paling ikonik. Pidato tersebut seperti pidato “Game of Thrones” pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada tahun 2018 dan juga pidato “Thanos” pada Forum Ekonomi Dunia. Saat ini, Tom Lembong merupakan Co-Captain Timnas AMIN untuk Pemilihan Presiden 2024. Tom Lembong menjadi anggota Timnas AMIN yang menguasai bidang ekonomi.