Jokowi Resmikan Jalur Evakuasi di Dekat Gunung Merapi

Nasional

JAWA TENGAH, Actadiurma.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo resmi meresmikan empat ruas jalan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang diperuntukkan sebagai jalur evakuasi masyarakat sekitar kawasan Gunung Merapi.

Jalan Muntilan, Keningar, Sukomarmur, dan Petung Pakis merupakan jalur evakuasi Merapi dan kini sudah selesai dibangun, kata Presiden Jokowi saat berkunjung di Magelang, dilansir kantor berita Antara, Senin.

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, pada Minggu, mengeluarkan awan panas sebanyak tiga kali, seperti dilansir Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Bencana Geologi (BPPTKG). Tidak ada korban jiwa.

Pemerintah menganggarkan APBN sebesar Rp 14,6 triliun untuk perbaikan dan pembangunan jalan pada tahun 2023. Untuk Provinsi Jawa Tengah, total Rp 1,36 triliun dialokasikan untuk perbaikan dan pembangunan 40 ruas jalan.

Pembangunan dan peningkatan empat ruas jalan di Magelang sepanjang 18,2 kilometer ini dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran Rp 31,9 miliar.

“Kita berharap dengan dibangunnya jalan-jalan ini dengan beton kaku akan memberikan ketahanan karena truk pasir berukuran besar lewat sini. Kita berharap ini lebih awet (dibandingkan jalan aspal),” kata Jokowi.

Ia pun berharap ruas jalan lain di Jateng bisa lebih lancar dan baik untuk dilalui. Untuk menilai hal tersebut, Presiden akan meninjau ruas jalan lainnya pada kunjungan kerjanya hari kedua di Jawa Tengah, Selasa.