Jepang Dan Korea Selatan Kaget Permainan Lawan Piala Asia

Sport

PIALA ASIA AFC 2024, Actadiurma.id – Kekalahan mengejutkan Jepang dari Irak dan hasil imbang Korea Selatan dengan Yordania membuat semakin sulit untuk memprediksi siapa yang akan mengangkat Piala Asia saat babak penyisihan grup mendekati klimaksnya.

Jepang difavoritkan menuju turnamen ini untuk memenangkan gelar kelima yang memecahkan rekor, sementara Korea Selatan asuhan Son Heung-min disebut-sebut sebagai penantang utama mereka.

Namun setelah hasil awal babak penyisihan grup di Qatar berjalan sesuai harapan, terjadi kekecewaan besar ketika Irak mengalahkan Jepang 2-1 pada Jumat (19 Januari).

Jepang juga tampak tidak meyakinkan pada pertandingan pembuka mereka, bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Vietnam 4-2.

Pada hari Sabtu, kapten Tottenham dan Korea Selatan, Son, membawa negaranya unggul dari titik penalti setelah sembilan menit melawan Jordan, tetapi laju gol yang diantisipasi tidak pernah terwujud.

Sebaliknya justru Jordan – yang berada di peringkat 64 tingkat lebih rendah dari lawan mereka – yang memimpin 2-1 di masa tambahan waktu di akhir pertandingan, namun tim Korea Selatan itu berhasil menyelamatkan hasil imbang 2-2 melalui gol bunuh diri.

Jepang dan Korea Selatan masih dalam posisi kuat untuk mencapai babak sistem gugur – keduanya hanya membutuhkan hasil imbang masing-masing melawan Indonesia dan Malaysia untuk lolos.