M-Sport Jabarkan Rencana Pengembangan Puma WRC 2024

Sport

WRC, Actadiurma.id – M-Sport akan memperkenalkan upgrade sayap belakang baru pada Ford Puma WRC musim ini dan berupaya mengatasi masalah keandalan yang merugikan tahun lalu.

Tim asal Inggris ini membuka selubung mobil Puma 2024 di Autosport International pekan lalu sebelum memulai tes pra-acara pertama musim ini menjelang pembukaan tirai Monte Carlo (25-28 Januari) akhir pekan lalu.

M-Sport mencetak dua kemenangan tahun lalu, menyamai rivalnya Hyundai, setelah Ott Tanak berjaya di Swedia dan Chili, namun serangkaian masalah keandalan (mesin di Estonia dan Finlandia serta pompa air di Yunani) menghambat tim di pertengahan musim dan mengakhiri harapan untuk meraih gelar juara.

Meskipun tidak dapat menyamai sumber daya tim pabrikan Toyota dan Hyundai, M-Sport berencana untuk terus mengembangkan Puma musim ini. Sayap belakang baru telah terlihat beraksi pada tes Monte Carlo hari Minggu dan diharapkan akan mulai beroperasi akhir tahun ini.

Kepala tim Richard Millener mengatakan bahwa sayap belakang merupakan bagian dari rencana pengembangan M-Sport yang mencakup pemecahan masalah keandalan pada tahun 2023.

“Kami masih akan mengembangkan mobil, dan kami memiliki rencana pengembangan,” kata Millener kepada Autosport.

“Ada sejumlah pengembangan yang bisa dilakukan oleh setiap tim, tetapi rencana kami adalah melakukan sebanyak mungkin yang diizinkan. Saya membaca banyak hal tentang kami yang tidak melakukan pengembangan dan tidak melakukan uji coba, padahal tidak demikian. Kami mungkin memberikan pembalap kami pengujian paling banyak karena kedua pembalap kami akan memiliki waktu dua hari sebelum Monte Carlo.

“Kami melakukan semua yang kami bisa. Kami sedang mengerjakan sayap belakang baru, yang telah dilihat banyak orang, yang akan hadir dalam beberapa reli, jadi kami masih terus maju. Memang sulit untuk bersaing dengan yang lain, tapi saya tidak menjadikannya sebagai alasan karena kami masih memenangkan dua reli tahun lalu, jadi mobil ini cukup bagus untuk menang.