Indonesia Memiliki 40 Persen Cadangan Panas Bumi di Dunia

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Traction Energy Asia mencatat Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi panas bumi yang sangat besar dimana Indonesia menguasai 40 persen cadangan panas bumi dunia.

“Potensi energi bersih Indonesia sebesar 3.687 gigawatt (GW). Namun yang termanfaatkan baru 12,6 GW atau baru 0,3 persen dari total potensi,” kata Direktur Eksekutif Traction Energy Asia Tommy Pratama dalam keterangannya di Jakarta. , Senin, 15 Januari 2023.

Menurutnya, Indonesia dengan kekayaan hutan alamnya bisa menjadi pionir transisi energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain mengurangi ketergantungan terhadap energi kotor, kita juga dapat mengelola sumber daya energi bersih untuk menopang kehidupan banyak orang.

Tommy mengungkapkan, ada enam energi terbarukan di Indonesia yang bisa dioptimalkan.

Pertama, panas bumi. Indonesia merupakan negara kedua dalam hal kapasitas terpasang energi panas bumi setelah Amerika Serikat. Sebagai pembangkit listrik, perkiraan sumber daya dan cadangannya sebesar 28.000 megawatt (MW).

Potensi sumber daya panas bumi saat ini, menurut laporan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, berkisar 25.600 MW.