Pemkab Bangka Barat Raih Predikat “Baik” Nilai Indeks SPBE 2023

Lokal

BANGKA  BARAT, Actadiurma.id – Di Awal Tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Kembali mendapatkan Prestasi berupa peningkatan  nilai Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  atau SPBE yaitu dari sebelumnya predikat CUKUP meningkat menjadi predikat BAIK pada Evaluasi SPBE tahun 2023 yang diselenggarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Setelah melalui serangkaian tahapan yang diawali Penilaian Mandiri oleh Tim Evaluator Internal SPBE Kabupaten Bangka Barat, kemudian dilanjutkan tahapan Penilaian oleh Tim Evaluator SPBE Kementerian PAN-RB, hasil akhir yang memuat nilai Indeks SPBE beserta predikatnya telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023.

Kepala Dinas Kominfo, Arwendy menyampaikan ucapan rasa Syukur kepada Alloh SWT dan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda serta semua pihak yang telah mendukung selama kegiatan Evaluasi SPBE Tahun 2023.

“Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bermasyarakat memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.” Ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Bidang Penyelenggaraan E-government, Uli Nuha, berujar bahwa ini adalah pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Bangka mendapatkan nilai indeks SPBE dengan Predikat BAIK setelah dalam dua tahun terakhir memperoleh Predikat CUKUP. Dan ini menjadi pemicu bagi kami untuk lebih meningkatkankan lagi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kabupaten Bangka Barat.

“ini adalah untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Bangka mendapatkan nilai indeks SPBE dengan Predikat BAIK setelah dalam dua tahun terakhir memperoleh Predikat CUKUP. Dan ini menjadi pemicu bagi kami untuk lebih meningkatkankan lagi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kabupaten Bangka Barat”