Australia Mendukung AS Melawan Serangan Houthi

Internasional

HOUTHI, Actadiurma.id – Di tengah meningkatnya iklim geopolitik, Australia telah menjanjikan dukungan kepada Amerika Serikat dalam menanggapi serangan Houthi di Laut Merah. Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong akan melakukan kunjungan penting ke Timur Tengah di tengah perkembangan ini.

Langkah Australia ini dilakukan sebagai respons terhadap serangan milisi Houthi terhadap fasilitas pelayaran komersial, yang telah memicu kekhawatiran akan konflik Timur Tengah yang lebih luas dan meningkatkan ketegangan.

Australia Bergabung dengan AS dalam Latihan Tempur Udara
Selaras dengan AS, Australia telah berpartisipasi dalam latihan tempur udara, yang menandakan komitmennya untuk menjaga pelayaran komersial melalui Laut Merah. Serangan terhadap Houthi yang didukung Iran di Yaman diluncurkan sebagai pesan menentang gangguan perdagangan.

Perekonomian global berada dalam kondisi yang tidak menentu karena perkembangan ini telah menyebabkan lonjakan harga minyak, sehingga mendorong raksasa teknologi Tesla untuk menghentikan produksi di pabriknya di Jerman.

Inggris Menunjukkan Solidaritas NATO
Sejalan dengan peristiwa ini, Inggris, dalam menunjukkan solidaritas yang signifikan terhadap NATO, telah berkomitmen untuk melakukan latihan militer besar-besaran di Eropa. Pengerahan tersebut akan berlangsung dari bulan Februari hingga Juni, tidak hanya mencakup 20.000 tentara tetapi juga kelompok penyerang kapal induk, jet serang F35B Lightning, dan pesawat pengintai.