Sambaran Petir Tewaskan 1 Orang, 7 Luka Luka di Jawa Barat

Nasional

BANDUNG, Actadiurma.id – Sambaran petir dahsyat pada hari Kamis menghantam tempat penampungan pertambangan di Kabupaten Subang, mengakibatkan kematian satu penambang dan tujuh lainnya luka-luka.

Insiden tersebut terjadi ketika sepuluh pekerja mencari perlindungan dari hujan lebat di tempat penampungan, ketika petir menyambar tanah dan bangunan.

Korban yang diketahui bernama Abdul Muis Mantunainai, warga desa setempat, mengalami luka terbuka di pinggul kiri dan mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya.

Dasim, seorang penyintas berusia 50 tahun, menggambarkan serangan itu terjadi secara instan namun memiliki konsekuensi yang membawa bencana.

Saya hanya ingat kekacauan dan asap menyelimuti daerah itu setelahnya,” kata Dasim. “Kami ada 10 orang di tempat penampungan; delapan tertembak, dan satu meninggal.”

Sambaran petir yang mematikan sering terjadi di negara tropis. Pada bulan November, tiga petani tewas akibat tersambar petir saat mencari perlindungan dari hujan di sebuah gubuk di tengah sawah di Gowa, Sulawesi Selatan.

Pada bulan Mei tahun yang sama, seorang remaja tewas tersambar petir saat menggunakan ponselnya di pantai Lumajang, Jawa Timur. Dalam kejadian terpisah di bulan yang sama, sembilan pendaki tersambar petir di lereng Gunung Seminung di provinsi Lampung, yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia.