Timnas Indonesia Finalisasi Roster 26 Pemain untuk Piala Asia 2023

Sport

DOHA, Actadiurma.id – Untuk persiapan Piala Asia 2023 mendatang, Timnas Indonesia yang dilatih pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong telah menurunkan skuad sebanyak 26 pemain.

Tim tersebut beranggotakan delapan pemain naturalisasi, yakni Marc Klok, Justin Hubner, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, dan Ivar Jenner.

Khususnya, dua pemain, Arkhan Fikri (Arema FC) dan Saddil Ramdani (Sabah FA), dikeluarkan dari daftar karena alasan teknis.

Keputusan Pelatih Shin Tae-yong untuk mengecualikan Arkhan Fikri dan Saddil Ramdani didasarkan pada pertimbangan teknis, sehingga menyebabkan mereka kembali dari tim. Sebagai gantinya, Adam Alis, yang awalnya dicoret, diangkat kembali.

Skuad Garuda saat ini fokus mempersiapkan laga pembuka Piala Asia 2023, setelah menyelesaikan tiga laga persahabatan di Turki dan Qatar. Sayangnya, tim menghadapi kekalahan di ketiga pertandingan tersebut, kalah 0-4 dan 1-2 melawan Libya dan 0-5 melawan Iran di Qatar.

Laga persahabatan ini menjadi patokan Pelatih Shin Tae-yong dalam mematangkan skuad Piala Asia.

Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Pertandingan pertama mereka adalah melawan Irak pada 15 Januari, diikuti oleh Vietnam pada 19 Januari, dan pertandingan penyisihan grup terakhir melawan Jepang pada 24 Januari.