Sistem Poin WRC Baru Akan Menambah Kegembiraan dan Strategi

Sport

WRC, Actadiurma.id – FIA telah meratifikasi sistem poin baru yang dirancang untuk menambah bumbu ekstra pada reli musim ini, dengan poin diberikan pada hari Sabtu dan Minggu selama sebuah acara.

Di bawah sistem baru, skala poin 18-15-13-10-8-6-4-3-2-1 akan diberikan pada akhir hari Sabtu, tetapi hanya jika kru mencapai klasifikasi akhir hari Minggu. Jika kru gagal finis pada hari Minggu, poin hari Sabtu akan diberikan kepada pasangan dengan posisi terbaik berikutnya.

Kompetitor juga akan memperebutkan maksimal tujuh poin pada hari Minggu. Poin akan diberikan kepada tujuh pesaing teratas melalui skala geser berikut; 7-6-5-4-3-2-1. Alasan utama penerapannya adalah untuk mencegah pembalap melewati tahapan hari Minggu untuk menjaga ban untuk Power Stage akhir reli, yang tetap tidak berubah dengan lima pembalap tercepat teratas menerima poin bonus, maksimal lima poin.

Jika seorang pembalap menyelesaikan reli dengan sempurna, mereka akan terus mencetak 30 poin sesuai peraturan sebelumnya, namun kini terdapat skenario di mana pemenang reli tersebut akan mengalami masalah pada hari Minggu dan oleh karena itu meninggalkan event tersebut dengan poin yang lebih sedikit dari pembalapnya. saingan.

Pembalap Hyundai, Neuville, yakin struktur poin baru akan menghadirkan tantangan baru dan telah menyelesaikan masalah pengemudi yang melewati tahapan hari Minggu. Namun pembalap asal Belgia ini juga merasa sistem ini dapat memberikan manfaat bagi pengemudi paruh waktu dengan ketertiban jalan yang menguntungkan di awal acara.