Tabrakan Kereta Api Terjadi di Cicalegka Bandung

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Kecelakaan kereta api terjadi di Bandung pada Jumat pagi, 5 Januari 2024. Peristiwa kecelakaan tersebut melibatkan Kereta Turangga (KA) (65) dan Kereta Commuter Line (KA) Bandung Raya (350). Kedua kereta api tersebut bertabrakan di jalur Haurpugur – Cicalengka, Bandung.

Kejadian ini menyebabkan jalur kereta api untuk sementara tidak dapat dilalui. Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan, saat ini mereka sedang mengevakuasi sejumlah kereta dan penumpang.

“KAI saat ini sedang berupaya mengevakuasi penumpang 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” kata Agus dalam keterangan resminya, Jumat, 5 Januari 2024.

Upaya KAI selanjutnya adalah mengevakuasi 2 kereta dan memperbaiki jalur rel yang rusak. Untuk perjalanan kereta api yang akan melewati kawasan Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasional berupa memutar dan mengalihkan dengan menggunakan transportasi lain.

KAI juga akan melakukan investigasi bersama Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

“Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan berikutnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menjelaskan pihaknya telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan turut prihatin dan turut berduka cita atas para korban yang terkena dampak kejadian ini, jelas Risal.