Angkatan Laut India Kirim Kapal Perang di Laut Arab

Internasional

NEW DELHI, Actadiurma.id – Pada tanggal 5 Januari, Angkatan Laut India melakukan respons cepat terhadap upaya pembajakan bajak laut terhadap kapal berbendera Liberia, MV Lila Norfolk, di dekat pantai Somalia.

Kapal tersebut, yang membawa sedikitnya 15 awak asal India, melaporkan adanya lima hingga enam orang bersenjata melalui portal Operasi Perdagangan Maritim Inggris pada malam tanggal 4 Januari. Sebagai tanggapan, Angkatan Laut India mengirimkan kapal perang INS Chennai dan meluncurkan pesawat untuk menjalin kontak dan memantau kapal yang dibajak.

Platform Penyebaran Misi Angkatan Laut India dengan cepat bereaksi terhadap insiden pembajakan tersebut. Angkatan Laut meluncurkan Pesawat Patroli Maritim (MPA), mengalihkan INS Chennai untuk membantu kapal yang dibajak.

Pesawat menjalin kontak dengan awak kapal, memastikan keselamatan mereka, dan terus memantau pergerakan kapal saat INS Chennai mendekat untuk memberikan bantuan. Operasi ini dikoordinasikan secara erat dengan lembaga-lembaga lain dan MNF di wilayah tersebut.

Upaya pembajakan telah menyebabkan peningkatan pengawasan dan tindakan keamanan oleh Angkatan Laut India di Laut Arab.

Angkatan Laut tetap berkomitmen untuk memastikan keselamatan pelayaran dagang di wilayah tersebut, bekerja sama dengan mitra internasional dan negara-negara asing yang bersahabat. Insiden ini merupakan bagian dari serangkaian serangan di kawasan, dan respons Angkatan Laut India menggarisbawahi komitmennya untuk menjaga keamanan perdagangan maritim di kawasan Samudera Hindia.