Rusia Mengatakan Beberapa Negara Barat Mengisyaratkan Adanya Perdamaian di Ukraina

Internasional

MOSKOW, Actadiurma.id – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada Kamis (28 Desember) bahwa beberapa pihak di Barat menyarankan agar Moskow membahas perdamaian di Ukraina karena Amerika Serikat dan sekutunya gagal mengalahkan pasukan Rusia di Ukraina.

Hampir dua tahun setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, Moskow menguasai sekitar 17,5 persen wilayah Ukraina dan serangan balasan Ukraina tahun ini gagal meraih keuntungan teritorial besar melawan pasukan Rusia yang telah mempertahankan garis depan dengan ladang ranjau dan kawanan ranjau yang luas. drone.

Lavrov, dalam wawancara dengan kantor berita negara RIA dan saluran TV Rossiya 24, mengatakan ada tanda-tanda bahwa Barat mengubah taktik dan strateginya terhadap Ukraina.

“Barat benar-benar mengubah taktiknya – bahkan mungkin berpikir untuk memperjelas strateginya. Karena jika ‘kekalahan strategis Rusia’ adalah sebuah strategi, maafkan tautologinya, maka strategi ini gagal total,” kata Lavrov.

“Ada beberapa pendekatan, beberapa berbisik: mengapa Anda (Rusia) tidak bertemu dengan seseorang di Eropa yang siap untuk berunding, membicarakan Ukraina tanpa Ukraina itu sendiri,” kata Lavrov, yang juga menegaskan bahwa Moskow akan mencapai semua tujuannya. Di Ukraina.

Presiden Vladimir Putin telah berulang kali mengatakan dia siap untuk membicarakan perdamaian di Ukraina namun dengan persyaratan Rusia. Para pejabat AS mengatakan mereka mengira Trump sedang menunggu pemilihan presiden AS pada tahun 2024 sebelum mengambil langkah serius menuju perdamaian.