Indonesia-Hong Kong Kolaborasi Dalam Proyek Baterai Lithium EV

Nasional

BALI, Actadiurma.id – Indonesia melalui PT. Aneka Tambang, Tbk (ANTAM) bersama Hongkong CBL Limited (CBL) menjalin kerja sama melalui Penandatanganan Proyek Divestasi Baterai Kendaraan Listrik (EV) pada Kamis, 28 Desember 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, ini merupakan kolaborasi pertama di dunia yang mencakup tahapan mulai dari penambangan nikel hingga giga factory cell dan pack battery, serta daur ulang.

Luhut menekankan pentingnya efisiensi dan kecepatan pengerjaan proyek mengingat persaingan global yang semakin ketat. Ia juga menyatakan bahwa pelaksanaan proyek harus tetap mematuhi standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang tinggi.

“Kita harus transparan dalam digitalisasi, dan pelaksanaan proyek ini harus menjadi contoh standar bagi proyek serupa di masa depan,” tambahnya.

Luhut menyatakan, sangat penting untuk bersikap terbuka terhadap kritik terkait isu lingkungan hidup dan berkomitmen melakukan perbaikan, termasuk perbaikan mekanisme dan standar operasional prosedur (SOP). Dia juga menekankan pelatihan karyawan lokal untuk mengikuti perkembangan teknologi tinggi.