Dinilai Informatif, Komisi Informasi Babel Berikan Penghargaan Ke Pemkab Bangka Selatan

Lokal

Alif

BANGKA SELATAN, Actadiurma.id – Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Pemkab Bangka Selatan lantaran dinilai Informatif terhadap keterbukaan informasi Publik.

Penghargaan dengan dengan level tertinggi itu diterima Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melalui Plt. Kepala Dinas Kominfo, Yuri Siswanto di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Rabu (20/12/2023).

Yuri Siswanto mengungkap rasa syukur atas diberikannya penghargaan level tertinggi penyelengaraan informasi publik tersebut.

“Alhamdulillah, Tahun ini Pemkab Bangka Selatan berhasil naik ke level tertinggi status penyelenggaraan informasi publik dari KI. Saat ini kita sudah berpredikat “Informatif” dan naik dari tahun sebelumnya yang masih berstatus “Menuju Informatif,” Jelasnya, Kamis (28/12/2023).

Menurut Yuri, Ada lima level status penyelenggaraan informasi publik yang menjadi kewajiban setiap badan publik.

“Level Informatif dengan nilai 90 – 100, Level Menuju Informatif nilai 80 – 89,9, Level Cukup Informatif nilai 60 – 79,9, Level Kurang Informatif nilai 40 – 59,9 dan terakhir Level Tidak Informatif nilai 0 – 39,9. Ini semua tentunya berkat kolaborasi yang baik dari tim baik tidak hanya dari kominfo tetapi juga seluruh perangkat daerah di Lingkungan Pemkab Basel yang juga sudah menjalankan komunikasi dan informasi publik dengan baik,” Katanya

Pemkab Basel kata dia sebelumnya juga telah menyelenggarakan kompetisi penyebarluasan informasi publik antar OPD melalui platform media website dan media sosial dengan tujuan agar masyarakat mengetahui informasi pembangunan yang diselenggarakan oleh OPD terkait.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid memberikan apresiasi atas sinergitas seluruh OPD dilingkungan Pemkab Bangka Selatan.

“Saya yakin jika semua OPD tidak menunjukkan Ego sektoral dan saling bersinergi, Kinerja Pemkab Bangka Selatan secara keseluruhan akan maksimal termasuk dalam memberikan informasi kepada Publik,” Ucapnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Tim Kominfo Bangka Selatan yang menjadi Leading Sektor informasi di Pemkab Bangka Selatan yang telah mendorong Seluruh OPD untuk lebih informatif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.