Marini Pertama yang Mendekati Honda Menggantikan Marquez MotoGP 2024

Sport

MOTO GP, Actadiurma.id – Bos tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan Luca Marini “adalah orang pertama” yang mendekati HRC tentang menggantikan Marc Marquez untuk musim MotoGP 2024.

Honda mengumumkan pada hari Senin setelah musim 2023 berakhir bahwa mereka telah menandatangani Marini dari VR46 – dengan siapa dia sudah memiliki kontrak 2024 – dengan kontrak dua tahun untuk menggantikan Marquez yang terikat di Gresini.

Hal ini mengakhiri spekulasi selama berminggu-minggu mengenai siapa yang akan mendapatkan kursi tersebut, dengan Miguel Oliveira awalnya menjadi pilihan favoritnya sebelum akhirnya memilih Marini setelah banyak nama muncul sebagai calon pengganti.

Marini diberi jeda kontrak dua tahun dengan pendekatan awal Honda yang hanya menawarkan kontrak satu tahun, sesuatu yang membuat Oliveira tetap berada di tim satelit Aprilia untuk diambil alih oleh Trackhouse Racing pada 2024 setelah runtuhnya RNF.

Berbicara setelah pengumuman tersebut, Puig mengatakan kepada motogp.com bahwa Marini adalah pembalap pertama yang bertanya tentang bergabung dengan Honda ketika keluarnya Marquez dipastikan.

“Yah, dia adalah orang pertama dan kelompoknya yang mendekati kami ketika berita kepergian Marc tersebar,” kata Puig. Jadi, kami didekati dari mereka dan itu terdengar menarik. Sejujurnya, tidak banyak pilihan karena para pebalap kurang lebih sudah terbiasa dengan timnya masing-masing.

“Dia punya kemungkinan untuk melakukan itu, jadi kami berpikir dan perkembangannya bagus dalam beberapa tahun terakhir. Kami mempelajari perkembangannya dan akhirnya memutuskan dia akan menjadi pilihan bagus.”