Kecelakaan Lalu Lintas Turun 39 Persen Musim Liburan Ini

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan hingga dua digit pada musim liburan ini, khususnya pada 18-25 Desember.

“Kecelakaan turun 39 persen dibandingkan [periode yang sama] tahun lalu,” kata Budiwas seperti dikutip kantor berita Antara.

Budi mengingatkan bus wisata inilah yang biasanya menjadi penyebab peningkatan kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan bus cenderung memakan lebih banyak korban jiwa karena jumlah penumpang di dalamnya lebih banyak. Banyak bus yang pengemudinya tidak berpengalaman bergantian, sehingga menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas yang lebih tinggi.

Ada bus yang tidak memenuhi standar keselamatan. Faktor risiko lainnya adalah ketika bus tersebut melewati rute berisiko seperti dataran tinggi.

“Bus wisata relatif kurang terkontrol,” kata Budi. Adik penerbitan Jakarta Globe, Beritasatu, melaporkan bahwa minibus Elf yang membawa guru dari Bekasi terbakar di tol Cipularang pada Selasa pagi. Minibus itu sedang dalam perjalanan menuju Ciamis. Seluruh 15 guru, termasuk 2 anak, selamat.

Diduga penyebab kebakaran adalah masalah pada mesin. Operator tol BUMN Jasa Marga melaporkan sebanyak 10.433 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui gerbang Tol Cikarang Utama hingga Selasa pukul 10.09 WIB. Arus balik ke Jakarta nampaknya tidak terlalu ramai. Jasa Marga hanya mencatat 5.540 kendaraan yang menuju Jakarta hingga pukul 10.09 WIB