Malaysia Larang Kapal Kargo Israel Masuk Pelabuhannya Karena Konflik Gaza

Internasional

KUALA LUMPUR, Actadiurma.id – Larangan tersebut hanya ditujukan pada ZIM Integrated Shipping Services Ltd., perusahaan pelayaran terbesar Israel, yang telah diizinkan berlabuh di pelabuhan Malaysia sejak tahun 2002.

Malaysia telah melarang semua kapal kargo berbendera Israel berlabuh di pelabuhannya sebagai respons terhadap serangan “kejam” Israel di Jalur Gaza.

Larangan tersebut, yang diumumkan dalam sebuah pernyataan kemarin oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim, ditujukan pada ZIM Integrated Shipping Services Ltd., perusahaan pelayaran terbesar Israel, yang diizinkan Malaysia untuk berlabuh di negara tersebut sejak tahun 2002, kata pernyataan itu.

“Pemerintah Malaysia telah memutuskan untuk memblokir perusahaan pelayaran ZIM yang berbasis di Israel untuk berlabuh di pelabuhan mana pun di Malaysia,” kata Anwar, seraya menambahkan bahwa Kementerian Perhubungan “akan segera mengambil tindakan dengan memberlakukan larangan permanen terhadap perusahaan ini dengan segera.” Menurut pemberitaan BenarNews, larangan tersebut juga berlaku untuk kapal ZIM yang dijadwalkan tiba di Port Klang pada 26 Desember.

Selain larangan kapal ZIM, Anwar menambahkan bahwa pemerintahannya “juga telah memutuskan untuk tidak lagi menerima kapal berbendera Israel untuk berlabuh di negara tersebut” dan akan memberlakukan larangan terhadap “kapal apa pun yang menuju Israel untuk memuat kargo. di pelabuhan Malaysia.”

Anwar mengatakan bahwa sanksi tersebut merupakan “respon terhadap tindakan Israel yang mengabaikan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan dan melanggar hukum internasional melalui pembantaian yang sedang berlangsung dan kekejaman yang terus menerus terhadap rakyat Palestina.” Serangan Israel di Gaza, yang merupakan respons terhadap serangan brutal militan Hamas ke Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, dilaporkan telah menewaskan sekitar 20.000 orang, memicu kemarahan global, khususnya di dunia Muslim.

Pemerintah Malaysia merupakan salah satu pihak yang paling menonjol dalam gerakan ini, dengan menyatakan dukungannya yang vokal terhadap perjuangan Palestina sejak pecahnya konflik saat ini. Berbicara pada demonstrasi besar-besaran pro-Palestina di Kuala Lumpur pada tanggal 24 Oktober, Anwar menggambarkan respons kejam Israel, yang melibatkan serangan udara dan sekarang operasi darat di Gaza, sebagai “puncak barbarisme di dunia ini,” dan menyerukan Israel untuk mengakhiri pendudukannya di wilayah Palestina.

Dukungan terhadap perjuangan Palestina merupakan subyek konsensus bipartisan di Malaysia, yang tidak hanya menolak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel namun juga menjaga hubungan dekat dengan Hamas. Pada pertengahan Oktober, Anwar bahkan melakukan panggilan telepon dengan Ismail Haniyeh, kepala biro politik Hamas, di mana ia menyatakan dukungan teguh Malaysia terhadap rakyat Palestina. Anwar menolak memutuskan hubungan lama negaranya dengan Hamas, meski mengaku mendapat tekanan AS untuk melakukan hal tersebut.