Honda USA Berkontribusi Pada Unit Tenaga F1 2026 Untuk Aston Martin

Sport

GP F1, Actadiurma.id – Divisi motorsport AS yang berganti nama menjadi Honda akan berkontribusi pada pengembangan unit tenaga Formula 1 baru yang akan dilombakan oleh Aston Martin mulai tahun 2026.

Selain itu, stafnya akan hadir di sirkuit bersama tim yang berbasis di Silverstone untuk berperan sebagai pendukung balapan.

Organisasi yang sebelumnya dikenal sebagai Honda Performance Development mulai hari ini berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA, sebuah langkah yang awalnya diumumkan pada bulan September.

Perubahan ini mencerminkan hubungan yang lebih erat dengan HRC Jepang seiring dengan peningkatan keterlibatan AS dalam program global perusahaan tersebut.

Honda mengatakan bahwa “dengan tiga balapan F1 yang kini diadakan di AS, HRC AS baru akan terlibat dalam pengembangan unit tenaga F1 dan dukungan balapan mulai tahun 2026.”

Setiap kontribusi penelitian dan pengembangan dari pihak AS harus berada di bawah naungan peraturan keuangan unit daya FIA yang menyertai spesifikasi mesin baru yang akan digunakan mulai tahun 2026, dan mulai berlaku pada 1 Januari tahun ini.

Dengan kata lain, pekerjaan yang dilakukan pada proyek F1 di Amerika harus sepenuhnya diperhitungkan dalam batasan biaya PU, dan dengan demikian akan mengurangi jumlah sumber daya yang dapat dikerahkan oleh HRC Jepang.

“Warisan balap Honda sungguh luar biasa. Saya baru saja kembali dari kegiatan tahunan ‘Hari Terima Kasih’ Honda di sirkuit Twin Ring Motegi: Moto GP, F1, Indycar, motocross, ketahanan Dakar, uji coba, mobil touring, Super GT semuanya didemonstrasikan di level tertinggi dengan paddock penuh juara dunia.