Bos Arsenal Mikel Arteta Menolak Proposal Baru Liga Super Eropa

Sport

ARSENAL, Actadiurma.id – Manajer Arsenal Mikel Arteta mengatakan penting untuk “menjaga penggemar” karena klubnya menolak keterlibatan dalam proposal revisi Liga Super Eropa.

Arsenal adalah salah satu dari 12 klub yang bergabung dengan rencana awal ESL pada tahun 2021. Pada hari Kamis, Pengadilan Eropa mengatakan pelarangan klub untuk bergabung dengan ESL adalah melanggar hukum dan perubahan liga diusulkan beberapa jam kemudian.

“Pendukung sepak bola dan semangat yang mereka bawa ke pertandingan adalah alasan mengapa pertandingan ini menjadi milik mereka,” kata Arteta.

“Pendapat mereka sangat penting dan kita harus menjaganya,” tambahnya. Pada tahun 2021, 12 tim mendaftar ke ESL yang dirancang untuk menyaingi kompetisi UEFA, tetapi proyek ini mendapat kecaman luas dari para penggemar, kelompok suporter, liga domestik Eropa, dan bahkan pemerintah, sehingga menyebabkan gagalnya proposal tersebut dalam waktu 72 jam.

Dari 12 klub hanya Real Madrid dan Barcelona yang mempertahankan minat mereka pada liga yang memisahkan diri – diusulkan oleh A22 – dan sisanya mundur.

Pada hari Jumat, The Gunners bergabung dengan Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Manchester United dalam mengumumkan “posisi mereka tidak berubah” di ESL dan menegaskan komitmen mereka terhadap kompetisi UEFA.

Pernyataan mereka menambah banyak pernyataan yang dikeluarkan di seluruh benua dari liga kelas berat Eropa dan liga sepak bola domestik.

“Kami tetap di posisi yang sama dan kami senang bermain di Liga Champions dan akan terus melakukannya,” kata Arteta.

“Pembicaraan [dengan pemilik] yang kami lakukan sangat jelas setelah apa yang terjadi dua tahun lalu. Saya pikir klub telah mengeluarkan pernyataan yang sangat jelas dan transparan. Kami akan tetap berpegang pada hal itu.”

Proposal baru adalah sistem liga yang mencakup 64 tim putra dan 32 tim putri, dengan promosi dan degradasi tahunan.