G7 Mengecam Peluncuran Rudal Balistik Antarbenua Korea Utara

Internasional

KOREA UTARA, Actadiurma.id – Negara-negara G7 mulai dari Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa, mengecam keras peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) oleh Korea Utara pada 18 Desember 2023.

Peluncuran ICBM ini menyusul empat peluncuran ICBM sebelumnya pada tahun ini serta peluncuran lainnya yang menggunakan teknologi rudal balistik. Korea Utara terus meningkatkan kemampuan rudal nuklir dan balistiknya yang melanggar hukum serta meningkatkan aktivitas destabilisasinya.

“Kami menegaskan kembali seruan kami untuk melakukan denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea dan menuntut agar Korea Utara meninggalkan semua senjata nuklirnya, program nuklir yang ada, dan semua senjata pemusnah massal (WMD) serta program rudal balistik lainnya yang ada secara lengkap, dapat diverifikasi, dan tidak- cara yang ada. dapat diubah. dengan cara yang konsisten dengan semua Resolusi Dewan Keamanan PBB (UNSCR) yang relevan.

Kami menyayangkan pilihan Korea Utara yang mengutamakan program senjata pemusnah massal dan rudal balistik yang melanggar hukum dibandingkan kesejahteraan rakyat di Korea Utara,” demikian pernyataan G7, dikutip dari siaran pers, Kamis 20 Desember 2023.

Menurut G7, tindakan sembrono Korea Utara yang berulang kali harus ditanggapi dengan respons internasional yang cepat, bersatu, dan kuat, khususnya oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).