Jepang Akan Menyediakan 1 Miliar Dollar Untuk Ekosistem EV Regional ASEAN

Internasional

TOKYO, Actadiurma.id – KTT ASEAN-Jepang baru-baru ini di Tokyo telah menandai kemajuan signifikan dalam upaya blok tersebut untuk membangun ekosistem regional untuk kendaraan listrik (EV).

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, KTT ini juga menandai peluncuran Inisiatif Kreasi Bersama ASEAN-Jepang untuk Industri Otomotif Generasi Berikutnya. Sebagai bagian dari inisiatif ini, Jepang akan menyediakan $1 miliar untuk ekosistem kendaraan listrik regional, meskipun menteri tidak menjelaskan secara rinci mengenai dana tersebut.

“Jepang telah menyiapkan dana sebesar $1 miliar untuk mengimplementasikan kemitraan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan,” kata Retno dalam rekaman keterangan pers akhir pekan lalu.

KTT Tokyo mengadopsi rencana tentang bagaimana Jepang-ASEAN membayangkan kerja sama mereka di masa depan. Salinan dokumen tersebut menyatakan bahwa mereka akan menjajaki kerja sama di bawah inisiatif kreasi bersama industri otomotif generasi berikutnya.

Kemitraan yang mungkin dilakukan termasuk mengembangkan rencana induk oleh lembaga pemikir ERIA untuk industri otomotif generasi berikutnya. Mereka akan bekerja sama dengan Asia Zero Emission Community (AZEC), dan berupaya mewujudkan diversifikasi portofolio produksi dan ekspor kendaraan listrik. Sesuai dengan namanya, AZEC merupakan platform negara-negara Asia yang fokus mendorong dekarbonisasi.

Jepang baru-baru ini setuju untuk membantu blok Asia Tenggara mengembangkan ekosistem kendaraan listrik regionalnya di bawah mekanisme “ASEAN Plus Three”.

ASEAN Plus Three adalah kerja sama antara kelompok regional dan tiga negara Asia Timur: Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. ASEAN Plus Three mengadopsi pernyataan bersama mengenai ekosistem kendaraan listrik ketika para pemimpin berkumpul di Jakarta pada bulan September. ASEAN Plus Three mendorong harmonisasi peraturan regional untuk meningkatkan kerja sama standar ekosistem EV untuk memfasilitasi perdagangan.