Haul ke 14 Gus Dur Dihadiri Tokoh Nasional Hingga Seniman

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Presiden ke-4 Republik Indonesia KH. Abdurrahman Wahid atau yang biasa dipanggil Gus Dur, merupakan sosok pemimpin yang dikenal luas dengan pemikiran-pemikiran briliannya terkait demokrasi dan keberagaman.

Keluarga besar serta kerabat dekat beliau, menggelar doa bersama dalam memperingati acara 14 tahun wafatnya Presiden ke-4 Republik Indonesia Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu 17 Desember 2023. Acara haul ke-14 ini mengusung tema “Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur” yang dirasa sangat relevan menjelang Pemilu 2024.

Acara haul ke-14 Gus Dur tersebut dihadiri oleh para tokoh nasional, lintas agama, seniman, dan warga sekitar. Harapan saya agar haul ini dapat menginspirasi masyarakat untuk meneladani keteladanan Gus Dur dalam berdemokrasi dan berbangsa, kata Putri bungsu Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid. Inayah Wulandari Wahid juga menambahkan bahwa acara haul ke-14 Gus Dur ini bersifat terbuka untuk umum.

Puncak acara haul ke-14 adalah pembacaan “Amanat Ciganjur” oleh Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

Kemudian dilanjutkan oleh beberapa tokoh lintas agama dan keyakinan seperti Lukman Hakim Saifuddin, Karlina Rohima Supelli, Romo Benny Susetyo, dan Pdt. Gomar Gultom.