Kalender F1 2024: Jadwal Lengkap Dan Tanggal Setiap Balapan

Sport

GP F1, Actadiurma.id – F1 sekali lagi akan menggelar enam acara sprint pada tahun 2024, dengan format yang akan diubah menjelang musim baru setelah diskusi lebih lanjut.

Telah dipastikan bahwa ini akan berlangsung di Tiongkok, Miami, Austria, Austin, Brasil, dan Qatar.

Shanghai dan Miami akan menjadi tuan rumah acara sprint untuk pertama kalinya, menggantikan Spa-Francorchamps dan Baku pada daftar tahun 2024.

FIA dan Formula 1 telah mengumumkan kalender Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2024, yang disetujui oleh Dewan Olahraga Motor Dunia. Kalender ini menampilkan 24 balapan dan dimulai di Bahrain pada 2 Maret dan berakhir di Abu Dhabi pada 8 Desember.


Formula 1 telah memperjelas niatnya untuk bergerak menuju regionalisasi kalender yang lebih besar, mengurangi beban logistik dan membuat musim ini lebih berkelanjutan. Dengan memindahkan Jepang ke bulan April, Azerbaijan ke bulan September dan Qatar berturut-turut dengan Abu Dhabi, kalender ini menciptakan aliran balapan yang lebih baik di wilayah tertentu, dan pekerjaan ini akan terus berlanjut sambil tetap realistis dengan fakta bahwa sebagai kejuaraan dunia, dengan klimaks dan kendala kontrak, akan selalu ada kebutuhan perjalanan yang tidak dapat sepenuhnya diregionalisasi.

Untuk dua balapan pembuka musim ini di Bahrain dan Arab Saudi, Grand Prix akan berlangsung pada hari Sabtu. Keputusan ini diambil untuk mengakomodasi Ramadhan yang dimulai pada hari Minggu akhir pekan balapan asli Arab Saudi.

Editor : YN