PJ Bupati Kesal, Air PDAM Rumdin Bupati Bangka Ikut Kotor

Lokal

BANGKA, Actadiurma.id – PJ Bupati Bangka ikut terimbas kotornya air suplay PDAM Tirta Bangka yang mengalir ke rumah dinas Bupati Bangka. M. Haris mengaku kesal Lantaran beberapa kali air PDAM tampak keruh.

Hal ini disebabkan imbas diduga aktivitas penambangan timah illegal di Kolong Sumber Aik Baku milik PDAM Tirta Bangka di Dam 1 Pemali 

“Kesal liat air keluar keruh kalau di rumah dinas saja begitu apalagi dirumah rumah pelanggan PDAM Tirta Bangka kan kasihan. Tolonglah pake hari nuraini jangan nambang disana,” kata M Haris 

Dirinya sudah menerima laporan terkait aktivitas penambangan liar di Kolong Sumber Air Baku PDAM Tirta Bangka. Bahkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Bangka, AKBP. Taufik Noor Isya, SIK terkait langkah efektif untuk menuntaskan aktivitas tambang Illegal di Dam 1 Pemali. 

“Akan kita ambil langkah langkah efektif agar tidak ada lagi penambangan di sumber air baku Dam  Pemali akan saya koordinasikan ke Kapolres Bangka,” kata M Haris.

Kapolres Bangka, AKBP Taufik Noor Isya mengatakan jajarannya terus melakukan pengecekan ke Dam 1 Pemali pasca dilakukan penertiban tambang ilegal jenis sebu disana beberapa waktu lalu. 

Namun para penambang yang beroperasi disana kerap menggunakan jalur jalan setapak lewat hutan untuk menghindar. Selain itu mereka sebagian besar beroperasi di malam hari menunggu situasi.

“Tetapi menjadi perhatian jajaran Polres Bangka terhadap aktifitas tambang di sumber air baku Dam Pemali,” kata AKBP Taufik Noor Isya.

Sementara seorang sumber kepada wartawan mengatakan pada Senin malam (27/11/2023) mengatakan ada sekitar 50 unit penambang liar beraktivitas di Kolong Dam 1 Pemali yang bekerja pada jam 23.00 WIB setiap harinya. 

“Banyak sekali. Ada sekitar 50 unit malam ini jalan penambangnya”,ujar sumber tersebut.