Cegah ASN Berpolitik Praktis, Pemda Bangka Tengah Bubuhkan Tanda Tangan Netralitas

Lokal

Kurniawan

BANGKA TENGAH, Actadiurma.id – Guna mencegah adanya Aparatus Sipil Negara (ASN) berpolitik praktis dalam.Pemilu Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengajak seluruh ASN nya untuk berikrar janji dan membubuhkan tanda tangan tidak akan melakukan politik praktis pada Pemilu tahun 2024 mendatang. Selain itu para ASN Kabupaten Bangka Tengah juga di berikan tausiah agama agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik selama masa Pemilu dan menjaga netralitasnya.

Kegiatan yang di gelar di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah pada Senin (27/11/2023) ini di buka langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST, M.Pd.

Dari pantauan di lokasi sebelum di berikan tausiah, Sekertaris Daerah (Sekda) Bangka Tengah Sugianto memimpin seluruh ASN yang hadir untuk berikrar janji akan menjaga netralitas ASN dalam Pemilu dan tidak akan terlibat politik praktis, dan disusul dengan penandatanganan sikap netralitas dalam Pemilu bersama seluruh ASN.

“Hari ini para ASN kita mendapatkan siraman rohani oleh Ust. Rizal supaya kita menjalani akhir tahun dengan optimisme, dan sekaligus juga kami sampaikan bahwa ASN seluruh Kabupaten Bangka Tengah dapat menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 nanti, sesuai dengan pernyataan sikap dan ikrar mereka tadi yang sudah mereka tandatangani dengan fakta integritas,” ujar Algafry.

Dirinya pun mendukung kegiatan ini dan tentunya ASN sudah seyogyanya dapat menjaga sikat netralitasnya. Namun bukan berarti para ASN kehilangan hak pilihnya.

“Sikap netralitas ASN ini mereka bukan tidak memilih wakilnya dalam Pemilu 2025. Namun mereka tidak terlibat dalam politik praktis, seperti mereka tidak ikut kampanye, tidak menggunakan kostum partai, dan tidak menunjukan dujunganya secara terbuka kepada salah satu pihak peserta Pemilu. Selain itu saya juga menghimbau kepada ASN untuk dapat bijak dalam bermedia sosial di masa Pemilu ini,” ujarnya.