Momen Penting Bagnaia Mempertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Sport

MOTOGP, Actadiurma.id – Francesco Bagnaia menjadi pebalap Ducati pertama dalam sejarah yang memenangkan gelar MotoGP berturut-turut di Grand Prix Valencia yang mendebarkan untuk mengakhiri musim 2023.

Bagnaia membuat sejarah pada tahun 2021 ketika ia membalikkan defisit 91 poin untuk mengakhiri penantian 15 tahun untuk gelar dunia kedua Ducati di MotoGP.

Dominan di paruh pertama tahun 2023, Bagnaia memimpin kejuaraan dengan 66 poin setelah sprint di Barcelona hanya untuk tersingkir dari grand prix itu dan menderita cedera dalam tabrakan yang mengerikan dengan Brad Binder.

Jorge Martin dari Pramac mampu memanfaatkan hal ini saat ia memasuki patch ungu, sempat merombak Bagnaia di klasemen dengan selisih tujuh poin setelah sprint di Indonesia sebelum kalah lagi di grand prix.

Pasangan ini mencapai final dengan selisih 14 poin, tetapi Bagnaia memenangkan GP Valencia setelah Martin bertabrakan dengan Marc Marquez.

Keunggulan Bagnaia atas Martin di penghujung musim adalah 39 poin dan menjadi pebalap pertama sejak Marc Marquez pada 2019 yang sukses mempertahankan mahkotanya.