Filipina Ajak Vietnam dan Malaysia Bentuk CoC Baru di Laut Cina Selatan

Internasional

MANILA, Actadiurma.id – Filipina telah mengusulkan pedoman kode etik baru untuk stabilitas dan perdamaian di kawasan lindung Laut Cina Selatan.

Usulan Manila muncul setelah Presiden Ferdinand Marcos menyatakan keprihatinannya atas negosiasi berkepanjangan antara negara-negara Asia Tenggara dan Tiongkok mengenai Kode Etik (CoC) Laut Cina Selatan, menurut Kantor Berita Filipina.

“Saat ini kami sedang merundingkan kode etik kami sendiri, misalnya dengan Vietnam karena kami masih menunggu CoC antara Tiongkok dan ASEAN dan sayangnya kemajuannya agak lambat,” kata Marcos di Pusat Studi Keamanan Asia-Pasifik di Honolulu. , Hawaii pada Senin, 20 November 2023.

Marcos juga mencari dukungan dari negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia untuk menetapkan kode etik maritim yang akan menjaga perdamaian di Laut Cina Selatan.

Sengketa wilayah di Laut Cina Selatan melibatkan konflik klaim pulau dan maritim di wilayah tersebut oleh beberapa negara berdaulat, seperti Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Editor : YN