OKI Meminta Dukungan Tiongkok untuk Segera Gencatan Senjata di Gaza

Internasional

MOSKKOW, Actadiurma.id – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sedang mencari dukungan Tiongkok untuk gencatan senjata segera di Gaza yang dilanda perang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengunjungi ibu kota Tiongkok, Beijing, untuk mengumpulkan dukungan dari anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Retno tidak sendirian dalam perjalanannya ke Beijing pada hari Senin.

Dia datang bersama rekan-rekannya dari Saudi, Yordania, Mesir, dan Palestina. Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha juga hadir dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi.

“Kunjungan kami ke Beijing… adalah untuk mengumpulkan dukungan, khususnya dari anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yang lebih dikenal sebagai P5. Kami meminta dukungan mereka untuk segera melakukan gencatan senjata dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan tanpa gangguan,” kata Retno dalam rekaman keterangan pers, Senin.

Tiongkok adalah salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, selain Rusia, AS, Prancis, dan Inggris. Beijing juga saat ini memimpin badan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Editor : Yossi