Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Bangka Belitung

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024 digelar dan diikuti Bawaslu Provinsi Kep. Bangka Belitung (Babel), 7 Kabupaten/ Kota, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Babel, ada 141 Kecamatan dan perwakilan PKD kota Pangkalpinang.

Ketua Bawaslu Babel EM Osykar mengatakan, ini merupakan komitmen kami dalam senantiasa untuk menjaga setiap tahapan agar Pesta Demokrasi nanti berjalan dengan lancar, aman dan jujur.

Terkait ada tidaknya temuan atau pelanggaran dari para caleg serta partai, EM Osykar menyebutkan ada beberapa informasi yang sampai saat ini masih kita telusuri.

“Alhamdulillah untuk temuan terkait DCT tidak ada gugatan sengketa yang harus kita tindaklanjuti, baik itu di Kabupaten/ Kota semuanya berjalan dengan lancar,” ujar EM Osykar ke awak media, Kamis (23/11/23).

Lanjutnya, yang sangat urgent saat ini adalah netralitas ASN dan TNI/Polri, namun yang menjadi fokusnya saat ini keterlibatan ASN pada salah satu kegiatan partai politik yang saat ini masih tahap penelurusan.

“Kami akan melakukan pendekatan ke Pejabat pembina kepegawaian untuk melaporkan hasil temuan atau pelanggaran di lapangan, dan sementara ini tanggapan dari mereka sangat bagus,” ungkapnya.

EM Osykar menambahkan, dari hasil pantauan di lapangan ada juga oknum ASN pada waktu kunjungan Cawapres yang lalu ikut menunggu dan aktif menjumpai salah satu ketua DPD Partai Politik. Dan sekarang masih menunggu informasi dari kepala BKD terkait identitas oknum tersebut.

“Ada dua oknum Honorer dan satu ASN yang ikut pada kegiatan kunjungan salah satu Cawapres kemarin. Kalau disebut mau sholat ke masjid, masa pakai celana pendek, gaul lagi,” jelas EM Osykar.

“Kami sudah melaporkan ke Kepala Dinas BKPSDM ibu Susanti terkait permasalahan adanya oknum ASN dan Honorer yang ikut kegiatan di Masjid Jamik kemarin, sampai saat ini belum ada balasannya,” pungkasnya.