Perang Kota Masih Terus Berkecamuk, Israel Mendapat Perlawanan Sengit Batalion Zaytun Hamas

Internasional

JALUR GAZA, Actadiurma.id – Pertempuran kota masih terus berlangsung, sisa-sisa milisi Hamas masih mencoba menangkal pasukan darat Israel yang didukung pesawat tempur dan tank canggih kebanggaan Israel Merkava.

Kanal telegram resmi pasukan pertahanan Israel menyebutkan bahwa IDF mulai memperluas operasinya di Jalur Gaza. Selama sehari terakhir, pasukan Divisi 36 beroperasi di wilayah Zaytun, dan pasukan Divisi 162 beroperasi di wilayah Jabalia.

Selama operasi berlangsung, pasukan darat Israel menghadapi banyak serangan dari Komando Selatan Hamas. Namun gangguan tersebut tidak mampu mencegah Israel untuk terus memperluas wilayah yang dikuasainya.

Pasukan Israel dalam 24 jam terakhir melakukan pembersihan wilayah Zaytun dan Jabalya untuk menargetkan dan menyerang personil maupun infrastruktur Hamas. Dalam menjalankan aksinya pasukan Divisi 36 beroperasi menghadapi perlawanan sengit dari Batalyon Zaytun, salah satu batalyon utama Hamas, di lingkungan Zaytun Kota Gaza.

Secara paralel, pasukan tambahan Israel yang terus berdatangan di pinggiran Zaytun, termasuk kawasan Sheikh Ijlin dan Rimal, mulai membersihkan daerah tersebut dari personil dan menyerang infrastruktur militer yang dipergunakan Hamas.

Sementara pasukan Divisi 162 IDF beroperasi di pinggiran Jabalia. Kawasan yang merupakan markas pusat komando dan kendali Brigade Gaza Utara dan merupakan salah satu markas Hamas paling signifikan. Di kawasan ini terdapat komanfo 4 batalyon Hamas.

Israel menuding Hamas sengaja beroperasi dari dalam wilayah sipil, dan berupaya menyerang pasukan menggunakan rudal anti-tank dan alat peledak. Selama bentrokan tersebut, Israel mengklaim banyak membunuh milisi Hamas dan menghancurkan sejumlah besar infrastruktur militer Hamas, termasuk infrastruktur bawah tanah dan target penting lainnya.