Stres pada Anak dan Remaja Jangan Disepelekan, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Opini

“Tahukah anda ? Selama masa stres dan krisis, anak-anak akan mengamati dan meniru perilaku dan emosi orang dewasa sebagai petunjuk bagaimana mengelola diri mereka sendiri saat menghadapi beban masalah”

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Anak-anak mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap kejadian buruk di lingkungannya. Budaya memengaruhi cara kita mengekspresikan emosi. Di beberapa budaya, misalnya, tidak pantas untuk menunjukkan emosi yang kuat seperti menangis dengan keras, sementara di budaya lain hal ini diterima secara luas.

Beberapa tanda stres atau depresi mungkin tidak begitu jelas diperlihatkan anak bahkan remaja atau orang dewasa, sehingga mengesampingkan rasa stres dan depresi anak busa jadi akan berbuah penyesalan yang tidak dapat diperbaiki.

Reaksi umum terhadap stres pada anak-anak sebagian besar hanya berlangsung dalam waktu singkat, dan merupakan reaksi normal terhadap peristiwa stres. Jika reaksi ini berlangsung dalam jangka waktu lama, anak mungkin memerlukan dukungan spesialis.

Berikut beberapa gejala stres pada berbagai usia anak yang berbeda akan menunjukkan tanda-tanda stres yang berbeda:

USIA 0 – 3 TAHUN :
* Menempel pada pengasuh mereka lebih dari biasanya
* Kemunduran ke perilaku sebelumnya (yang lebih muda).
* Perubahan pola tidur dan makan
* Iritabilitas yang lebih tinggi
* Peningkatan hiperaktif Lebih takut pada banyak hal
*Lebih menuntut
* Lebih sering menangis

USIA 4-6 TAHUN :
* Menempel pada orang dewasa
* Kemunduran ke perilaku sebelumnya (yang lebih muda).
* Perubahan pola tidur dan makan
* Iritabilitas yang lebih tinggi
* Konsentrasi yang lebih buruk Menjadi lebih tidak aktif atau lebih hiperaktif
* Berhenti bermain
* Berperilaku seperti orang dewasa
* Berhenti berbicara
* Lebih cemas atau khawatir

USIA 7-12 TAHUN :
* Menjadi menarik diri
* Kekhawatiran yang berlebihan terhadap orang lain yang terkena dampak
* Perubahan pola tidur dan makan
* Semakin menakutkan Iritabilitas yang lebih tinggi
* Agresifitas emosi meningkat
* Kegelisahan Ingatan dan konsentrasi buruk.
* Gejala fisik/ psikosomatis
* Sering berbicara tentang acara atau permainan berulang
* Merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri

USIA 13-17 TAHUN :
* Duka yang mendalam
* Menunjukkan kepedulian yang berlebihan terhadap orang lain
* Perasaan bersalah dan malu
* Semakin menentang otoritas
* Peningkatan pengambilan risiko
* Agresif Merusak diri sendiri
* Merasa putus asa

REAKSI FISIK SEMUA KELOMPOK UMUM :
Reaksi fisik Ini mungkin juga merupakan tanda-tanda penyakit fisik, jadi harap bawa anak Anda ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kondisi fisik apa pun :
* Kelelahan
* Dada sesak
* Sesak napas
* Mulut kering
* Kelemahan otot
* Sakit perut
* Pusing
* Gemetar
* Sakit kepala
* Sakit umum

Reaksi stres atau depresi yang sangat serius pada anak-anak jika terjadi hampir sepanjang waktu anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda ini dan dalam jangka waktu lama menunjukkan bahwa anak tersebut memerlukan dukungan spesialis :

* Menarik diri atau sangat diam dengan sedikit atau tanpa gerakan
* Menyembunyikan atau menghindar dari orang lain
* Tidak menanggapi orang lain, tidak berbicara Kekhawatiran yang ekstrim dan terus-menerus * Gejala fisik tidak enak badan; gemetar, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, pegal-pegal, dan nyeri
* Agresif, berusaha menyakiti orang lain
* Bingung atau disorientasi

CHECK-IN EMOSIONAL :
Untuk memeriksa secara emosional berarti bertanya kepada anak-anak “bagaimana kabar mereka” secara langsung atau tidak langsung. Salah satu metode check-in adalah dengan meminta anak Anda menggambar atau melukis. Mintalah mereka untuk memberi tahu Anda lebih banyak tentang gambar tersebut, apa yang telah mereka gambar, atau mengapa mereka menggunakan warna tertentu, misalnya. Hal ini mungkin membantu beberapa anak berbicara tentang apa yang mereka rasakan, sedangkan anak lain mungkin dengan senang hati menunjukkan gambar tersebut tanpa berdiskusi, biarkan anak yang memutuskan.

Aktivitas untuk mengurangi stres dan mendukung kesejahteraan anak Anda
Kegiatan-kegiatan ini dapat dilakukan bersama anak Anda untuk membantu mengurangi stres dan memberikan mereka strategi penanggulangan positif yang mendukung kesejahteraan mereka. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi Anda dan dapat dilakukan bersama anak Anda.

Pernapasan perut Seringkali ketika kita stres, pernapasan kita menjadi dangkal, tinggi di dada, dan kita lupa bernapas dalam-dalam ke dalam perut. Pernapasan perut sangat menenangkan dan membantu kita menarik oksigen jauh ke dalam paru-paru.

Bagaimana cara melakukannya?: Letakkan tangan Anda di perut Ambil 5 napas dalam-dalam, habiskan 5 detik untuk menarik napas dan 5 detik untuk mengeluarkan napas, tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

Jelaskan bahwa ketika anak Anda menarik napas, mereka meniup perutnya dengan lembut seperti balon, dan ketika mereka menghembuskan napas, udara kembali keluar dari balon secara perlahan.

TEMPAT SPESIALKU :
Terkadang dunia di sekitar kita terasa membebani. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk membayangkan berada di tempat yang tenang tanpa stres, stres anak dapat berkurang. Berikut adalah aktivitas untuk membantu anak Anda membayangkan tempat seperti itu.

Bagaimana cara melakukannya: Duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman, pejamkan mata, dan rileks Ambil napas dalam-dalam beberapa kali melalui hidung dan perut. Buang napas melalui mulut anda. Tetap bernapas perlahan dan lembut. Tarik napas panjang dengan lembut lalu hembuskan napas panjang dengan lembut Dengarkan dan ikuti cerita dalam pikiran anda. Bayangkan berada dalam cerita:

“Bayangkan anda sedang berdiri di pantai berpasir putih. Ini masih pagi, dan semuanya sepi. Matahari terbit perlahan, dan anda bisa merasakan hangatnya cahaya di wajah dan tubuh anda. Anda merasa bahagia dan damai. Pasir di bawah kaki telanjang anda lembut dan hangat. Angin sepoi-sepoi membelai wajahmu. Langit biru dan terbuka, dan burung-burung beterbangan dan berkicau di atasnya. Tempat ini aman, dan anda bisa bersantai di sini. Ini adalah tempat di mana anda selalu dapat kembali, yang selalu ada, di dalam hati anda. Anda dapat mengunjungi kapan pun anda mau. Sekarang, secara bertahap, mulailah memperhatikan pernapasan anda lagi, ritme lembut saat menarik dan membuang napas.Perhatikan perasaan udara di kulit anda. Mulailah menggoyangkan jari tangan dan kaki anda dengan sangat lembut. Tarik napas dan lakukan peregangan besar. Buang napas dalam-dalam. Jika kamu sudah siap, bukalah matamu.”