Progres Pembangunan Gedung Baru Cabdin Wilayah IV Disdik Babel Sudah 87 Persen

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id – Pembangunan gedung baru kantor Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah IV Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), saat ini udah mencapai 87,657 persen. Gedung baru ini terletak di Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Barat, Kecamatan Mentok.

Kepala Cabdin Wilayah IV Disdik Babel Sudarni mengatakan, angka 87,657 persen progres pembangunan gedung baru yang menelan dana APBD Babel sekitar Rp2,9 miliar lebih itu sebagaimana informasi yang diterima pihaknya dari konsultan pengawas.

“Kalau dalam target harusnya di 86,894 persen. Jadi sampai dengan sekarang itu terjadi deviasinya plus 0,763 persen. Kalau tanggal kontrak mulai pekerjaan pada 22 Mei 2023 kemarin, seharusnya selesai tanggal 17 November 2023,” kata Sudarni, Kamis (16/11/2023) pagi.

Sudarni menambahkan, sisa 12 persen tersebut meliputi kegiatan lantai serta beberapa ruang kantor yang sedang dikerjakan. Kemudian pekerjaan plafon pada beberapa ruang dan kegiatan cut and fill (penggalian dan perataan).

“Jadi pekerjaan awal itu anggarannya 2,7 miliar lebih, dikarenakan ada penambahan pekerjaan baru, maka ada penambahan waktu 12 hari dengan tambahan biaya sekitar 186 juta lebih, maka pekerjaan kantor cabdin baru ini akan selesai pada 29 November 2023,” ujarnya.

Ada pun pekerjaan tambahan di dalam mata anggaran tambahan senilai Rp186 juta lebih itu salah satunya cut and fill tadi. Yang mana permukaan tanah di lingkungan kantor akan dilakukan penggalian dan perataan sehingga tidak bergelombang.

“Jadi intinya dalam anggaran 186 juta ada pekerjaan-pekerjaan baru yang harus kita kerjakan seperti cut and fill tadi. Makannya kegiatan ini ada kontrak addendum, dengan pertimbangan-pertimbangan yang disampaikan tim teknis kita,” ucapnya.