Tambah Keterampilan Bidang UKS, 29 Siswa Sekokah Dasar Ikuti Pelatihan Dokter Kecil

Lokal

BANGKA, Actadiurma.id – Guna menambah wawasan pengetahuannya di bidang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), SD Negeri 3 Sungailiat menggelar Pelatihan Dokter Kecil yang diikuti sebanyak 29 orang siswa Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Sungailiat.

Kepala sekolah SD Negeri 3 Sungailiat Widia Yusdiono mengatakan Pelatihan Dokter Kecil disekolahnya ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan, dimana untuk menambah wawasan dan pengetahuan para siswa di bidang UKS  dan P3K yang ada di masing – masing sekolah.

” Pelatihan dokter kecil ini merupakan agenda rutin dalam program UKS kita, dimana kita diminta untuk menyiapkan kader – kader yang mempunyai pengetahuan untuk menjadi petugas UKS , sehingga mereka dapat dijadikan model atau contoh teladan bagi siswa siswi lainnya di sekolahnya masing – masing”, Kata Yusdiono.

Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil ini dengan bekerja sama dengan pihak Puskes Sungailiat yakni sebagai pemateri selama kegiatan berlangsung.

” Untuk penyelenggaraaannya kita bekerjasama dengan Puskesmas Sungailiat yang juga mereka menyabut baik kegiatan ini,biasanya mereka yang datang ke sekolah, tapi kali ini kita yang jemput bola,  kita sediakan tempatnya, pelaksanaannya, untuk narasumbernya mereka siapkan ada 6 orang dan untuk materi juga dari mereka  jadi kami hanya menyiapkan tempat sama pesertanya saja,” Tambahnya.

Kegiatan yang berlansung selama 2 hari ini diikuti sebanyak 29 orang dengan melibatkan pesertanya kita undang dari sekolah imbas yang merupakan sekolah gugus 2 kenangan bekerja sama dengan para kepala sekolah.

” Dari kegiatan ini kita harapkan siswa dapat menambah wawasan pengetahuannya ,kami inginnya sepertinya keterampilannya, karena insyaallah jika tahun depan kami menyelenggarakan hal yang serupa, kami akan banyakkan praktek di lapangan, jadi lebih ke prakteknya,” Tutupnya.

Sementara itu Salah Satu Petugas UKS Puskesmas Sungailiat sekaligus sebagai pemateri dalam Pelatihan Dokter Kecil, Desy Susila kepada wartawan, Selasa (14/11/2023) Pagi mengatakan, selama 2 hari pihaknya memberi materi seputar UKS, Gizi serta Kesehatan Lingkungan.

” Pelatihan Dokter kecil ini alhamdullilah pihak sekolah yang menyelenggarakan kita dari puskesmas Sungailiat sebagai pematerinya, pertama materi tentang UKS, Dokter Kecil,gizi ,PHBS dan kesehatan lingkungan, jadi biar anak anak di sini tau cara penanganan pertama, misalnya seperti P3K, terus cara pola hidup sehat, prakteknya gmana, cara cuci tangan, terus gizi juga ,karna masa pertumbuhan anak,” Kata Desy.

Desy juga menghimbau kepada pihak sekolah agar kantin atau jajajan yang berada di sekitar sekolah harus benar – benar sehat.

” Ini tentang anak sehat,jajanan sehat , memamg kita selalu datang – datang ke sekolah menghimbau agar jajanan yang di jual harus jajanan sehat serperti tidak menggunakan pewarna yang mencolok dan harus di tutup sehingga tidak ada lalat masuk,” tutupnya.