Peringati Hari Kesehatan Nasional, Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Bangka Gelar Baksos di Sungailiat

Lokal

BANGKA, Actadiurma.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59, Persatuan Doketer Gigi Nasional (PDGI) Cabang Bangka menggelar Bakti Sosial (Baksos) pengobatan dan perawatan gigi gratis kepada masyarakat umum di Pantai Tongaci Delocomotief Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, minggu (12/11/2023) pagi.

Ketua Panita Drg. Aditya mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 ini, persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bangka ingin memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada masyarakat Bangka Belitung, khususnya wilayah Kabupaten Bangka.

“ jadi hadirnya PDGI Cabang Bangka ini, kita ingin memberikan kontribusi dan manfaat kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Bangka, seperti hari ini (minggu,12/11/2023) kita melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) untuk pengobatan, penyuluhan dan pencabutan gigi gratis,” kata Drg. Aditya.

Aditya juga menambahkan, kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang berlangsung di Pantai Tongaci Sungailiat ini merupakan rangkaian kegiatan seminar Bangka Dentistry in Aesthetic and Ethical Scientific (Bedincak) di pangkal pinang jumat (10/11/2023) kemarin.

“ kemarin kita seminar selama 2 hari, untuk menambah ilmu dan pengetahuan kepada para dokter gigi yang ada di Bangka Belitung dan untuk hari ini kita gelar baksos untuk seluruh masyarakat,” tambahnya.

Dikatakan Aditya, kegiatan seminar dan baksos yang dilaksanakan PDGI cabang Bangka ini rutin setian tahun dilasanakan. Kegiatan pun tidak hanya diikuti para Dokter Gigi yang ada di Bnagka Belitung, melainkan dating dari luar, seperti Bandung, Tangerang, Palembang dan lainnya.

“ Untuk kegiatan ini memang rutin kita laksanaan, dan seminar pun setiap tahun kita laksanakan, jadi biasanya setaun kita laksanakan 2 kali, jadi kalau seminar itu untuk para dokter gigi supaya ilmunya Update terus, dan untuk bentuk pengabdian ke masyarakat, terus ke sekokah -sekolah, sikat gigi bersama dan lain2, nah kali ini kita untuk masyarakat umum,” Jelasnya.

Sementara itu ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bangka Drg. Martariwansyah,.Sp.KG mengatakan, dengan menginjak usia PDGI Cabang Bangka ke 10 tahun ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang positif untuk para Dokter Gigi yanga da di Bangka Belitung serta untuk masyarakat umum.

“ Kami dari perwakilan Persatuan Dokter Gigi Indonesia(PDGI)  cabang bangka mengucapkan terima kasih kepada sponsor serta dukungan masyarakat yang sudah mendukung kegiatan kami ini sampai akhir, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dan positif, dimana salah satunya dapat menunjang terwujudnya Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju,” kata Drg. Martariwansyah.

Drg. Martariwansyah juga menambahkan, kegiatan baksos yang dilaksanakan di Pantai tongaci Sungailiat, Minggu (12/11/2023) pagi mendapat sambutan baik dari masyarakat.

“ alhamdullilah untuk kegiatan penyuluhan, pengobatan dan penyabutan gigi gratis yang kita laksanakan ini antusias disambut masyarakat dengan baik, kita buka untuk 50 orang, tapi yang hadir sekitar 40an orang,” katanya.

Sementara itu Drg. Maulidya mengatakan, pencabutan gigi pada baksos PDGi Cabang Bangka ini sudah melewati tahap-tahan pemeriksaan sebelumnya, lantaran untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Yakni pihak bekerja sama dengan pihak Puskesmas terdekat.

“ Baksos ini sebetulnya mengutamakan untuk kesehatan gigi masyarakat yang ada di sekitar sini, cuman dalam konteks kita untuk pencabutan gigi sudah harus melalui pemeriksaan sebelumnya misalnya fisik kesehatan, seperti Hipertensi dan kadar gula,” Jelas Drg. Maulidya.

Kegiataan baksos PDGI yang dilaksanakn dipantai Tongaci tersebut tidak hanya konsultasi masalah gigi saja, namun juga bias memeriksa bentuk kesehatan lainnya.

“ Bahkan dengan adanya kegiatan ini sebetulnya tujuannya kita bisa mengetahui ada pasien yang sebelumnya mempunya riwayat hipertwnsi ataupun gula, jadi kita disini ada bekerja sama degan puskesmas sinar baru, untuk melakukan pemeriksaan tersebut sehingga kita bisa mengarahkan juga kepada pasien-pasien tersebut, mungkin awalnya mau pemeriksaan gigi saja tapi akhirnya mereka dapat sadar bahwa untuk merawat kesehatan tubuhnya supaya rutin di periksa atau cek UP kontrol ke puskesmas , jadi berkaitan juga demgan kesehtaan umum,” Katanya.

Nengsih salah satu warga yang hadir dan menerima layanan pengobatan dan pencabutan gigi gratis tersebut mengaku sangat terbantu dengan kegiatan baksos yang dilaksanakn oleh PDGI Cabang Bangka di Pantai Tongaci Minggu (12/11/2023 ) pagi.

“ saya datang untuk cabut gigi pak, saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada PDGI Cabang Bangka yang telah menyenggarakan kegiatan seperti ini, selain cabut gigi gratis, saya juga di kasih bingkisan oleh panita, berupa sembako dan pasta gigi, intinya sangat terbatu,” Aku Nengsih.