1.400 Warga Asing Dievakuasi dari Gaza Menuju Mesir

Internasional

KAIRO, Actadiurma.id – Sebanyak 1.400 warga negara asing telah dievakuasi dari Jalur Gaza ke Mesir melalui perbatasan Rafah, seperti yang diberitakan portal berita Al-Youm as-Sabia yang berbasis di Mesir.

“329 orang dengan kewarganegaraan asing tiba di Mesir dari Gaza, Sampai saat ini, 1.400 orang yang memiliki kewarganegaraan 60 negara Arab dan negara asing lainnya telah diterima oleh Mesir [dari Jalur Gaza],” bunyi pernyataan tersebut.

Menurut sumber yang sama, selain 1.400 warga asing itu, pada tanggal 6 November, 29 warga Palestina dibawa ke penyeberangan Rafah untuk kemudian dipindahkan ke rumah sakit Mesir untuk perawatan. Di antara mereka adalah delapan orang terluka, sembilan pasien kanker dan 12 orang yang mendampingi mereka.

“Mereka dibawa ke rumah sakit di kota Sheikh Zuweid dan El Arish di Semenanjung Sinai. Menurut Al-Youm as-Sabia, 100 warga Palestina yang terluka dan sakit parah yang diangkut dari Jalur Gaza, saat ini dirawat di rumah sakit tersebut, serta di fasilitas medis di kota Ismailia, Port Said, dan Kairo di Mesir.”lanjutnya.

Ketegangan kembali berkobar di Timur Tengah pada tanggal 7 Oktober ketika militan dari kelompok radikal Palestina Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel dari Gaza.

Hamas menggambarkan serangannya sebagai respons terhadap tindakan agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. Israel mengumumkan blokade total terhadap Jalur Gaza dan telah melancarkan serangan udara di Gaza serta beberapa distrik di Lebanon dan Suriah. Bentrokan juga terjadi di Tepi Barat.